| |

Peranan Dmoz Dalam SEO

Peranan Dmoz Dalam SEO. Mungkin sebagian dari anda ada yang belum mengerti, kenapa Dmoz memiliki hubungan yang sangat erat dengan search engine optimization? Eratnya hubungan tersebut sebenarnya disebabkan karena Dmoz adalah directory search engine terbesar di dunia. Hampir semua mesin pencari terkenal menjadikan dmoz sebagai referensi mereka dalam menetapkan kualitas suatu web/ blog, yang diantaranya adalah: google, yahoo, msn, alexa, AOL, Lycos, Teoma, AskJeevess Netscape, Hotbot dan beberapa Search engine yang lainnya.

Bahkan pada kenyataannya, setiap blog atau situs yang telah terindex oleh Dmoz, maka trafiknya pasti akan mengalami peningkatan yang cukup baik, bahkan bisa dikatakan peringkatnya lebih tinggi dibandingkan dengan yang tidak terdaftar di Dmoz. Diperkirakan hal ini disebabkan karena web atau blog yang sudah terdaftar di Dmoz secara otomatis akan muncul hampir pada setiap direktori search engine terkenal [beberapa mesin pencari - mesin pencari terbesar]. Tetapi semuanya itu tentunya juga disesuaikan dengan kata kunci yang di cari dan yang berkenaan dengan deskripsi serta title blog anda.

Sekitar kurang lebih 37000 sukarelawan telah memberikan dirinya untuk terlibat menjadi editor di situs tersebut. Bahkan mereka juga bertugas untuk menyeleksi dan memutuskan apakah suatu web atau blog yang mendaftar di Dmoz bisa lolos seleksi untuk terindex di Dmoz atau tidak. Jadi dengan kata lain, faktor yang turut berperan dalam menentukan suatu web atau blog seseorang bisa lolos dalam pendaftaran di Dmoz adalah faktor dan peran manusia dan bukan oleh robot seperti beberapa search engine lainnya.

Kesimpulannya, sebelum anda mendaftarkan blog/ web ke berbagai mesin pencari yang lainnya, maka pastikan lebih dulu anda sudah mendaftarkannya ke dmoz. Bagaimana, tertarik untuk mendaftarkan web tau blog anda di Dmoz? Jika tertarik silahkan tuju situs tersebut di www.dmoz.org

Jika seandainya anda sudah mendaftar, tetapi blog anda masih belum di index, kemungkinannya masih dalam tahap proses [jadi anda harus bersabar dulu...]. Namun jika dalam waktu 3 minggu blog atau web anda belum juga terdaftar, maka Dmoz memperbolehkan anda untuk mencoba mendaftar kembali ke direktory mereka dan bahkan anda masih diperbolehkan untuk memilih kategory yang lain sesuai dengan tema blog/site anda.

Tips sebelum mendaftar di Dmoz:

1. Pilih kategory yang tepat jangan sampe salah, setidaknya pilih yang paling mendekati sesuai dengan tema blog/site anda.
2. Jangan mendaftar lebih dari satu kali, jika gagal tunggu selama 3 minggu lalu daftarkan kembali blog atau situs anda.
3. Pada "Title" sebaiknya samakan saja sesuai title blog anda, jangan membohongi Editor Dmoz, ingat! editor Dmoz manusia bukan mesin.
4. Pada "Site Description" ini sangat penting dan berpengaruh pada hasil pencarian, gunakan deskripsi sebagai kata kunci, karena menurut pengalaman saya beberapa search engine seperti google melakukan pencarian sesuai dengan deskripsi blog yang anda masukan (Kesalahan dari blog saya adalah ketidak telitian saya ketika memasukan deskripsi dengan benar)
5. Jika blog atau situs anda tentang Fornografi, kekerasan, virus sebaiknya lupakanlah Dmoz!
6. Jika Gagal mendaftar padahal anda telah mengikuti intruksi dengan benar?
  • Pertama: Coba anda daftarkan sekali lagi, apa salahnya mencoba dan berusaha.
  • Kedua: Jika anda mendapatkan konfirmasi dari editor berupa kesalahan yang disampaikan, coba kontak kembali editor tersebut. sebaiknya dalam menyampaikan pesan gunakan kata yang halus, tegas dan jangan bertele-tele apalagi kasar.
  • Ketiga: Coba daftarkan kembali pada kategori yang berbeda, mungkin saja editor juga berbeda.


Dikutip dari berbagai sumber

internet marketing
Bagi anda yang ingin belajar PHP / HTML / MySQL dengan sangat mudah sambil langsung praktek, saya sarankan untuk anda bisa belajar di sini

0 komentar:

Poskan Komentar

Silahkan tinggalkan pesan dan komentar anda di kolom bawah ini. Segala komentar yang mengandung unsur SARA akan kami hapus.