Hosting dan Domain Lokal Termurah
| |

Menggunakan Halaman Statis Milik Blogger.Com

Menggunakan Halaman Statis Milik Blogger.Com. Saya tahu bahwa postingan ini bisa dibilang terlambat, tetapi tidak ada salahnya jika saya membuatnya untuk pengunjung blog ini. Sebelumnya, untuk membuat halaman statis di blogspot, para blogger biasa menyiasatinya dengan membuat halaman non-statis yang kemudian di-link-kan. Namun sekarang kita tidak perlu melakukannya lagi dengan cara seperti yang dijelaskan diatas. Hal tersebut disebabkan karena puhak blogger telah secara resmi menyediakan fasilitas pembuatan Static Pages buat para pengguna blogspot.

Biasanya halaman statis bisa dipakai untuk keperluan pembuatan halaman "about us" yang menerangkan siapa anda dan apa isi blog anda. Atau bisa juga untuk halaman "contact us" yang berisi nomor kontak anda. Kalau anda punya bisnis di internet, maka anda juga bisa memakai halaman statis tersebut untuk keperluan yang berisi produk-produk anda.

Jadi intinya Static pages atau jika dalam bahasa Indonesia Halaman Statis adalah halaman yang dibuat tersendiri dan terpisah dari posting secara umum. Jika anda membuat suatu halaman posting, maka artikel tersebut akan muncul sebagai artikel terbaru dan dimunculkan paling depan dihalaman depan blog anda, berbeda dengan Static pages, jika anda membuat sesuatu melalui halaman static pages katakanlah halaman About me atau tentang saya, maka halaman yang baru anda buat tersebut tidak akan muncul sebagai posting baru dan halaman ini benar-benar terpisah dengan deretan artikel posting anda.

Fitur Static pages sebenarnya fitur yang telah lama diperkenalkan pada mesin wordpress, namun di blogger adalah termasuk fitur baru. Jumlah maksimal static pages yang bisa dibuat adalah sebanyak 10 buah halaman. Jadi, gunakanlah fasilitas ini untuk keperluan yang sebaik-baiknya.

Dibawah ini adalah tutorial cara membuat halaman statis di blogger atau blogspot?

1. Tuju in draft lalu masukkan email yang anda gunakan di blogger serta password anda.

2. Setelah masuk ke dalam dashboard, di pojok kanan atas, ada pilihan untuk menjadikan blogger in draft sebagai kondisi default. Kalau anda mau, anda bisa memberikan centang. Sehingga setiap login ke blogger.com nantinya anda otomatis masuk ke blogger in draft.

3. Setelah itu klik "edit posts".

4. Lalu klik "edit pages", dilanjutkan dengan klik "new page" untuk membuat halaman statis blogspot baru.

5. Anda buat halaman statisnya,seperti di bawah ini misalnya:

Isinya bisa anda kreasikan sesuai kebutuhan anda. Misalkan di judul anda tuliskan: Contact Us. Lalu di bagian halaman anda tulis sesuai keinginan

6. Jika sudah, klik "publish page" atau jika ingin menyimpannya klik "save as draft"

7. Kalau anda klik "publish page" ketika pertama kali melakukannya akan muncul pilihan. Apakah anda ingin memasukkannya ke sidebar, tabs, atau memasukkannya secara manual ke link yang anda inginkan?

Pilih salah satu dan klik "save and publish".

8. Untuk melakukan pengaturan posisi seperti yang anda inginkan, anda bisa masuk ke "layout" dan "page elements".

Kalau sebelumnya anda mempublikasikan halaman statis blogspot anda, anda tinggal mengatur letak widgetnya dengan menariknya.

9. Tapi jika belum, untuk memunculkan widgetnya, anda bisa klik "add a gadget".

Di halaman baru yang muncul, anda klik "pages".

Lalu anda bisa atur pilihan sesuai kebutuhan anda. Jangan lupa klik "save".

Kalau sudah, anda bisa tarik gadget tersebut di posisi yang anda inginkan.

Sangat mudah kan cara membuat halaman statis di blogspot/blogger? Silakan mencoba dan sukses selalu.

Salam Blogging!!...

internet marketing
Bagi anda yang ingin belajar PHP / HTML / MySQL dengan sangat mudah sambil langsung praktek, saya sarankan untuk anda bisa belajar di sini

0 komentar:

Posting Komentar

Silahkan tinggalkan pesan dan komentar anda di kolom bawah ini. Segala komentar yang mengandung unsur SARA akan kami hapus.

print this page