| |

Tips Laptop: Perawatan Baterai Laptop

Tips Laptop: Perawatan Baterai Laptop. Seringkali pengguna laptop mengeluhkan kinerja baterai komputer jinjing mereka cepat ngedrop meski hanya sebentar dipakai. Masalah itu sebenarnya kerap kali terjadi jika si pengguna tidak memperhatikan cara merawat pembangkit daya itu dengan baik dan benar. Oleh karena itu kali ini ada beberapa tips untuk perawatan baterai laptop yang mungkin berguna buat pengunjung blog ini.

Sebetulnya postingan ini saya buat terkait dengan kebutuhan saya, sebab sekitar empat hari yang lalu saya sempat mengambil keputusan untuk membeli netbook 10" untuk keperluan yang berhubungan dengan pekerjaan. Jujur saja saya sangat memerlukan informasi seputar perawatan baterai laptop karena kita semua tentunya tahu kalau baterai laptop harganya tidak sama dengan baterai handphone alias cukup mahal untuk ukuran seorang pegawai.

Malam ini saya sempatkan waktu untuk jalan-jalan ke rumahnya mbah google untuk mencari informasi seputar perawatan baterai laptop agar tahan lama atau tidak cepat ngedrop, dan akhirnya tidak lama kemudian saya mendapatkan beberapa informasi dari berbagai sumber tentang tips perawatan baterai laptop. Bagi anda yang ingin mengetahui tips-tipsnya bisa memperhatikan poin-poin dibawah ini:

Dibawah ini beberapa petunjuk praktis mengenai perawatan baterai laptop:

Saat mulai mengisi baterai, jangan gunakan baterai sebelum terisi penuh. Jika Anda menggunakan baterai baru yang akan diisi pertama kali, baterai itu mungkin tidak terisi sepenuhnya karena karakteristik bahan kimia di dalamnya. Untuk mendapatkan kinerja yang optimal, seluruh sel baterai itu harus diaktifkan. Caranya adalah dengan mengisi dan mengosongkan sepenuhnya baterai notebook Anda sebanyak tiga kali berturut-turut. Hal ini juga berlaku untuk baterai yang lama tersimpan atau tidak terpakai selama beerapa bulan.

Jika Anda menggunakan beterai Nikel Metal Hydrida (Ni-MH), cobalah untuk mengosongkan baterai Anda sepenuhnya setiap beberapa waktu (pekan/bulan) sekali. Pengosongan total ini ditandai modus hibernasi atau indikator baterai menunjukkan tingkat 0%. Pada situasi ini, Anda bisa mencolokkan adapter notebook Anda dan mengisi baterai sampai indikator menunjukkan tingkat 100%.

Jika berencana menyimpan notebook Anda dalam jangka waktu lama, lepaskan baterai dari notebook dan simpan dalam tempat yang sejuk dan kering. Tempat yang bisa dipakai untuk menyimpan baterai ini, misalnya ruang berpendingin udara atau ruang dengan sirkulasi udara yang cukup baik.

Hindari untuk menaruh baterai Anda ditempat yang panas, seperti didalam mobil pada waktu siang hari.

Pemakaian hingga habis tidak baik untuk baterai Li-Ion. Sebaiknya lakukan pengisian ulang ketika sudah mencapai level 10-20%.

Kalibrasi baterai Anda setiap 30 kali siklus pengisian. Biarkan baterai habis terpakai, untuk menjaga agar penunjuk di laptop tetap akurat.

Jika Anda akan menggunakan power listrik dalam jangka waktu yang lama, Anda bisa memperpanjang usia baterai dengan melepasnya dan menyimpannya dalam tempat penyimpanan.

Simpan ditempat yang kering dan dingin dengan kondisi baterai terisi 40%. Beberapa ahli menyarankan untuk menyimpannya di lemari es. Gunakan kantong plastik yang tertutup rapat untuk menyingkirkan kelembaban.Jangan masukkan kedalam freezer hingga menjadi beku.

Jangan masukkan kedalam freezer hingga menjadi beku.

Jika ingin dipakai lagi, biarkan untuk menghangat pada suhu ruangan sebelum dipakai lagi.

Sekian dulu informasi dari saya. Salam blogging!!...

internet marketing
Bagi anda yang ingin belajar PHP / HTML / MySQL dengan sangat mudah sambil langsung praktek, saya sarankan untuk anda bisa belajar di sini

1 komentar:

HAPIA Mesir mengatakan...

mantep mantep...thank u atas tipnya sob...

Poskan Komentar

Silahkan tinggalkan pesan dan komentar anda di kolom bawah ini. Segala komentar yang mengandung unsur SARA akan kami hapus.