| |

Menetapkan Double Pagerank Pada Domain

Sudahkah anda melakukan setting domain blog di Google Webmaster Tools supaya anda tidak mengalami double pagerank dan double linkback? Harap diketahui, sebenarnya jika kita tidak melakukan setting domain maka secara otomatis kita akan memiliki double pagerank dan double link. Padahal hal ini sangat merugikan kita jika terjadi pada domain yang kita miliki. Oleh karena itu menetapkan double pagerank pada domain itu sangatlah penting untuk dilakukan.

Mungkin ada diantara anda yang bertanya, bagaimana mungkin bisa terjadi double pagerank dan double link? Kita harus tahu bahwa domain kita itu sebenarnya terdiri dari nama dan extension, misalnya domain blog ini adalah www.e-handbook.web.id. Tetapi karena hal ini sangat berkaitan dengan URL blog dan artikel didalamnya, maka ada kemungkinan domain ini akan di buka dengan dua cara berbeda, yaitu dengan penulisan www.e-handbook.web.id atau e-handbook.web.id [tanpa www].

Oleh karena domain kita bisa dibuka dengan dua cara, maka secara tidak langsung sebenarnya kita memiliki dua URL disini, yang pertama http://www.e-handbook.web.id/ dan http://e-handbook.web.id/ [Walaupun di browser saat dibuka akan tetap menampilkan www.e-handbook.web.id]. Dua URL diatas oleh mesin pencari diangap sebagai dua alamat yang berbeda [bahkan dihadapan mesin pencari google kemungkinannya akan dianggap sebagai duplikat konten]. Oleh karena itu sudah tentu akan berpengaruh pada pagerank domain tersebut [karena inbound linknya juga ada dua alamat].

Misalnya jika ada teman yang melakukan linkback pada blog ini dengan URL http://www.e-handbook.web.id/ lalu ada teman lainnya melakukan linkback ke alamat http://e-handbook.web.id/, maka dihadapan google akan dinilai dengan menggunakan pagerank sendiri-sendiri [jika tidak kita tentukan arah default-nya]. Tentunya hal ini akan merugikan kita, karena bisa saja dengan www domain kita memiliki inbound link 10 dan tanpa www kita memiliki inbound link 5. Seharusnya secara total yang masuk adalah 15 link tapi kenyataannya harus terpecah. Maka jalan satu-satunya adalah, kita harus menentukan arah default domain tersebut.

Lalu bagaimana mengatasi hal ini? Sebenarnya sangat mudah, silahkan ikuti petunjuk dibawah ini [disitu kita akan diberi pilihan apakah akan menggunakan www atau tanpa www]:

1. Terlebih dulu pastikan anda sudah menggunakan fasilitas google webmaster tool untuk melakukan optimasi blog atau website anda. Kalau belum silahkan didaftarkan dulu blog anda, baru mengikuti terus tutorial ini.

2. Silahkan anda login dulu ke google webmaster tools, kemudian pilih dan klik domain yang akan anda atur domainnya

3. Dibagian Dashbooard, anda pilih "site configuration", lalu klik "settings"

4. Setelah pilih "settings" anda akan menemukan halaman seperti dibawah ini [gambar dicopy dari blog ateonsoft.com]:


Pada Preferred domain silahkan pilih sesuai keinginan anda, saya sarankan untuk blog yang hosting di blogspot dan yang menggunakan DNS untuk pengaturan untuk memilih Display URLs as www.domainkamu.com saja karena default di browser biasanya menggunakan www. Kecuali jika blog anda menggunakan hosting sendiri yang seringkali tanpa menggunakan www untuk standar URL-nya. Kalau sudah silahkan simpan pengaturan anda, dengan begitu maka anda tidak perlu kuatir akan terjadi dua pagerank untuk satu domain. Jika langkah ini sudah anda lakukan maka linkback dengan atau tanpa www, akan diarahkan (dianggap) ke setingan standar.

Sebenarnya artikel ini saya tulis karena blog saya juga pernah mengalami hal seperti penjelasan diatas dan kebetulan juga secara tidak disengaja mendapatkan informasi tentang cara mengatasi double pagerak pada domain dari Mas Alibri.

Selamat mencoba dan sukses selalu..Salam Blogging..!!...
Thx to: ateonsoft.com

internet marketing
Bagi anda yang ingin belajar PHP / HTML / MySQL dengan sangat mudah sambil langsung praktek, saya sarankan untuk anda bisa belajar di sini

0 komentar:

Poskan Komentar

Silahkan tinggalkan pesan dan komentar anda di kolom bawah ini. Segala komentar yang mengandung unsur SARA akan kami hapus.