| |

Duplikat Konten

Ternyata salah satu penyebab yang membuat suatu traffic blog menjadi drop adalah dikarenakan adanya duplikat konten. Duplikat konten adalah hal yang dibenci oleh search engine. Biasanya jika terjadi duplikat konten suatu blog, maka masalah tersebut nantinya akan diproses lebih lanjut oleh google dengan tujuan menemukan dan menentukan sumber asli dari konten duplikat tsb. Jika anda ingin tau lebih jelas mengenai duplikat konten, silahkan kunjungi bakawan.com.

Jika anda ingin melihat apakah terjadi duplikat konten atau tidak pada blog kita, maka berikut ini langkah-langkah yang dapat anda ikuti:

Berikut cara mengecek duplikat konten melalui Google webmaster tool:

1. Login ke https://www.google.com/webmasters/tools

2. Lalu pilih website kamu yang akan di cek

3. Pilih menu diagnostics dan pilih content analisis

4.Lalu klik content analisis , kalau memang ada duplikat konten maka akan terlihat seperti gambar dibawah ini :

Selanjutnya kita tinggal mengecek satu persatu ( misalkan akan mengecek duplicate meta description ) , anda tinggal klik yang ingin dicek maka akan ditampilkan lists page2 yang di curigai duplikat / sama , lalu kita tinggal memperbaiki satu persatu dan menyelidiki kenapa bisa terjadi duplikat meta description.

Biasanya hal seperti ini hanya terjadi pada blog yang memiliki traffic tinggi. Tapi hal tersebut bukan berarti blog yang belum memiliki traffic tinggi menganggap hal tersebut sebagai sesuatu yang tidak penting, apalagi jika kita benar-benar ingin menaikkan posisi traffic blog. Oleh karena itu saya sarankan kita melakukan antisipasi supaya jika suatu saat traffic pada blog kita naik, maka keberadaan dari traffic kita tidak mengalami terjun bebas seperti blogger cosa. Bagi anda yang mau menghindari duplikat konten, silahkan perhatikan langkah dibawah ini.

Langkah Menghindari Duplikat Kontent Dengan rel="canonical":

1. Login ke blogger
2. Klik Tata Letak--> Edit Html
3. Centang tulisan Expand Template Widget [jangan lupa backup template]
4. Cari kode ini <head>
5. Taruh kode ini dibawah kode tadi

<link rel="canonical" href="http://www.example.com" />

6. Klik Simpan
7. Untuk mengetahui bekerja atau tidaknya page source tadi silahkan di refresh/ reload. Jika diantara tag <head> ada kode seperti dibawah ini berarti rel"="canonical" berhasil:

<link href='http://www.example.com' rel='canonical'/>

Info: ganti www.example.com dengan alamat url kita

internet marketing
Bagi anda yang ingin belajar PHP / HTML / MySQL dengan sangat mudah sambil langsung praktek, saya sarankan untuk anda bisa belajar di sini

1 komentar:

Cintamu mengatakan...

Thx bos infonya... salam hangat

Posting Komentar

Silahkan tinggalkan pesan dan komentar anda di kolom bawah ini. Segala komentar yang mengandung unsur SARA akan kami hapus.