Hosting dan Domain Lokal Termurah
| |

Verifikasi Akun Gmail Lewat SMS

Google - Fitur Baru Gmail. Siang ini pada saat dikantor, saya sempat membantu teman untuk membuat akun di Gmail. Tetapi anehnya, saya mendapati sesuatu yang baru didalam melakukan pendaftaran akun gmail. Ternyata untuk bisa memiliki akun gmail, kini kita diharuskan untuk melakukan verifikasi lewat SMS. Padahal dulu waktu membuat akun gmail saya belum/ tidak diharuskan untuk melakukan verifikasi akun lewat SMS. Setelah saya cari informasi ke pihak google tentang cara pendaftaran untuk memiliki alamat email di gmail, ternyata memang sejak beberapa bulan yang lalu google mengharuskan setiap member baru yang ingin membuat akun gmail untuk melakukan verifikasi akun lewat SMS dengan cara memasukkan nomer ponsel. Ternyata saya tertinggal jauh dalam mengetahui informasi ini?hehehe...

Fitur ini sebenarnya dibuat oleh Google untuk tujuan meningkatkan keamanan akun pengguna layanan Google. Pengiriman kode ini tidak harus ke nomor ponsel sendiri, tapi pihak Google juga mengizinkan untuk menggunakan nomor ponsel orang di sekitar Anda. Dan satu nomor ponsel dapat digunakan untuk beberapa akun.

Caranya, setelah tombol buat akun ditekan dan proses berhasil. Pada bagian akhir kita akan dihadapkan dengan halaman verifikasi. Pilih negara, misalnya Indonesia, dan nomor ponsel. Pada proses ini saya menggunakan format Internasional: 0 = +62 selanjutnya Anda akan dikirim SMS yang berisi "Kode verifikasi Google Anda adalah xxxxx". Masukkan kode tadi pada form Masukkan kode dan tekan tombol verifikasi.

Dibawah ini hasil pencarian informasi yang saya dapatkan dari pihak google tentang verifikasi akun lewat email:

Saya tidak memiliki ponsel, bisakah saya mendaftar?

Jika Anda ingin mendaftar untuk alamat Gmail, Anda harus memiliki ponsel yang memiliki kemampuan pesan teks.
Jika Anda tidak memiliki ponsel, Anda mungkin bisa bertanya kepada seorang teman apakah Anda dapat menggunakan nomornya untuk menerima sebuah kode.

Salah satu alasan mengapa kami menawarkan cara baru ini untuk mendaftar ke Gmail adalah untuk membantu melindungi pengguna dan memerangi penyalahgunaan. Spam dan perlindungan penyalahgunaan adalah dua hal yang kami tangani dengan serius, dan para pengguna merasa sangat senang dengan sedikitnya jumlah spam yang mereka terima di Gmail. Kami melakukan banyak tindakan untuk memastikan bahwa para penyebar spam mengalami kesulitan saat mengirim pesan spam, mendapati pesan ini terkirim, atau bahkan mendapatkan alamat Gmail (para penyebar spam sering menggunakan banyak alamat yang berbeda untuk mengirim spam). Mengirim kode undangan ke ponsel adalah salah satu cara menunjukkan hal ini, karena sejumlah alamat yang dibuat per nomor ponsel dapat dibatasi.

Akankah dikenai biaya penerimaan pesan?

Sebaiknya Anda menghubungi penyedia layanan ponsel untuk detail biaya terkait dengan pesan teks. Biayanya beragam, tergantung paket layanan dan penyedia nirkabel Anda.
Berapa lama waktu yang diperlukan hingga pesan terkirim?

Biasanya, Anda akan menerima pesan teks dengan sangat cepat setelah pesan terkirim, tapi kadang-kadang pengiriman dapat terlambat. Jika Anda telah menunggu selama lebih dari 24 jam dan tidak menerima pesan verifikasi, Anda dapat mememinta kembali agar kode tersebut dikirim ulang.

Apakah Google akan menyimpan atau menggunakan nomor ponsel saya?

Google akan menggunakan nomor ponsel Anda untuk mengirimkan kode undangan dalam pesan teks ke ponsel Anda. Dalam pelaksanaannya, kami menyimpan setiap nomor ponsel untuk memastikan agar nomor tersebut digunakan untuk membuat sejumlah akun yang terbatas.

Nomor Anda juga akan dikaitkan dengan akun Anda untuk menghindari verifikasi masa mendatang yang tidak perlu untuk layanan Google lainnya. Untuk informasi lebih lanjut, harap tinjau Kebijakan Privasi Gmail: http://mail.google.com/mail/help/privacy.html. Sesuai dengan kebijakan ini, nomor Anda tidak akan pernah dijual atau dibagikan untuk tujuan pemasaran tanpa izin Anda, kami juga tidak akan menghubungi Anda menggunakan nomor ini tanpa izin yang jelas dari Anda.
Bagaimana saya tahu ponsel saya dapat menerima pesan?

Kebanyakan ponsel modern mendukung kemampuan untuk mengirim dan menerima pesan teks. Sebaiknya Anda menghubungi penyedia layanan ponsel untuk detail layanan langganan Anda.

Mengapa negara saya tidak ada?

Ada sejumlah negara dan operator yang tidak kami beri layanan karena beragam batasan. Jika memungkinkan, Anda bisa mencoba ponsel teman dengan operator lainnya.

Mungkin informasi ini sudah usang bagi sebagian orang, tapi saya berharap informasi ini berguna bagi yang belum mengetahuinya.

Salam blogging!!...

internet marketing
Bagi anda yang ingin belajar PHP / HTML / MySQL dengan sangat mudah sambil langsung praktek, saya sarankan untuk anda bisa belajar di sini

2 komentar:

Zon Saja mengatakan...

berarti ga bisa sembarangan lg bikin akun gmail

btw, link udah dipasang bro, link back ya :)
zonsDigital
http://zonsdigital.blogspot.com
thanks

o i a
sekedar kasih tau, form komentar di sini bermasalah bro
word verificationnya terpotong
kalo sy bisa komentar disini ngakalin dgn pencet2 tab gitu :)
kalo pengunjung lain mungkin banyak yg ga tau
Perbaiki Tampilan Form Komentar Yang Bermasalah di Blogger

.

aksesoris blog mengatakan...

hi?

Posting Komentar

Silahkan tinggalkan pesan dan komentar anda di kolom bawah ini. Segala komentar yang mengandung unsur SARA akan kami hapus.

print this page