| |

Tentang Drupal

Content Management System atau CMS lahir sebagai solusi untuk memenuhi kebutuhan manusia akan informasi yang cepat. Karena di era tahun 1990-an masih banyak sekali orang yang mengandalkan bahasa pemrograman HTML untuk membangun sebuah website. Kemudian apa yang terjadi? Website yang mereka buat hanya bersifat statis. Yang menyebabkan ketika ingin menambahkan sebuah informasi mereka harus merubah semua coding yang ada pada file HTML tersebut. Tentu saja ini akan membutuhkan banyak waktu. Dan juga selain tidak efisien biaya yang dibutuhkan pasti juga akan bertambah besar. Dan untuk meningkatkan produktifitas dan efisiensi solusi yang tepat adalah dengan menerapkan Content Management System.

Dapat diartikan bahwa CMS adalah sebuah system yang memberikan kemudahan kepada setiap penggunanya didalam mengelola dan mengadakan perubahan isi sebuah website dinamis tanpa sebelumnya dibekali pengetahuan tentang hal-hal yang bersifat teknis. Dengan demikian, setiap orang dapat menggunakannya untuk membuat, menghapus bahkan memperbarui isi sebuah website tanpa harus mengerti tentang bahasa pemrograman.

Drupal adalah salah satu Content Management System (CMS) yang bersifat open source sehingga bebas untuk digunakan untuk keperluan apa saja. Ini artinya kita bebas untuk mendownload, memodifikasi, dan menggunakanannya berdasarkan atas lisensi GNU General Public License.

Drupal juga pernah mendapat beberapa prestasi menarik. Drupal pernah terpilih sebagai overall winner dalam Open Source CMS Award 2007 Packt Pub dan CNET Webware 100 award memberikan gambaran kesuksesan Drupal di dunia website. Mulai dari Mei 2007 hingga April 2008, Drupal telah diunduh lebih dari 1,4 juta kali. Jumlah pengunduhan bertambah 125% setiap tahunnya. Banyak situs-situs besar yang menggunakan Drupal seperti MTV UK, Vocalo.org, SpiritLibrary.com,Drigg dan lainnya.

Dryies Buytaert adalah orang yang menjadi pendiri CMS hebat ini. Awal nya Drupal bukan merupakan CMS yang open source, namun pada tahun 2001 Dryies Buytaert menjadikan Drupal sebagai proyek open source. Menggunakan lisensi open source membuat banyak developer dengan bebas mengunduh, menggunakan untuk keperluan bisnis, serta mengubah struktur Drupal dengan bebas. Kemampuan Drupal yang modular dan sangat tangguh membuat banyak pihak dapat berkontribusi dengan bebas. Seiring dengan waktu, Drupal semakin berkembang pesat. Dries Buytaert yang memahami kolaborasi bisnis dan open source, mulai menggali potensi didalam Drupal.

Dikutip dari beberapa sumber

internet marketing
Bagi anda yang ingin belajar PHP / HTML / MySQL dengan sangat mudah sambil langsung praktek, saya sarankan untuk anda bisa belajar di sini

0 komentar:

Posting Komentar

Silahkan tinggalkan pesan dan komentar anda di kolom bawah ini. Segala komentar yang mengandung unsur SARA akan kami hapus.