| |

Dofollow: Program Bagi-Bagi dan Obral Backlink Gratis

Tahukah anda jika status dofollow pada suatu blog bisa mengandung sesuatu yang merugikan bagi blog itu sendiri?...Menurut salah satu postingan dari Anangku [blogger dari tempat dimana saya dilahirkan dan dibesarkan yaitu Surabaya], sebenarnya Dofollow adalah sebuah paham atau aliran dalam dunia blog yang menganut semboyan "You comment, I follow".

Jadi, dari slogan itu saja kita sedikit bisa menerka, apa sih dofollow itu? Anda berkomentar, saya mengikuti...Anda berkomentar saya memberikan hadiah.. Seperti itulah gambaran kasarnya. Trus hadiahnya berupa apa? Hadiah yang diberikan adalah berupa sebuah backlink gratis dari pemilik blog dofollow kepada anda yang memberikan komentar di blognya. That's it!

Dofollow adalah sebuah link yang memiliki atribut do follow. Artinya link tersebut tidak memiliki atribut rel="nofollow". Fungsi rel="nofollow" ini sendiri adalah untuk memastikan bahwa Google atau search engine yang lain tidak akan meng-indeks dan menghitung url tersebut sebagai sebuah backlink atau incoming link buat si komentator.

Dofollow ini adalah salah satu bentuk apresiasi atau penghargaan yang diberikan oleh pemilik blog kepada para komentator di blognya. Apresiasi ini dilakukan dengan cara memberikan backlink 'gratis' pada url blog atau website yang dipakai oleh masing-masing komentator pada saat menuliskan komentar.

Perlu kita putar kembali ingatan kita tentang bagaimana cara kerja perhitungan Google Pagerank itu. Konsep atau prinsip dasar perhitungan nilai Google Pagerank adalah perbandingan antara jumlah tautan keluar (outbound link) dengan tautan masuk (inbound link).

Nah dalam praktek per-dofollow-an ini, blog yang memasang atribut dofollow akan secara gratis mengobral backlink atau trackback gratis ke setiap komentator, tanpa pandang bulu. Jadi, setiap link komentator akan dianggap sebuah backlink oleh Google maupun mesin pencari yang lain, tidak perduli berupa link spam atau bukan...

Sebuah situs yang memiliki terlalu banyak tautan keluar (outgoing link) bisa didefinisikan sebagai sebuah situs yang kurang penting di mata Google. Apalagi jika dari sekian link tersebut terdapat link-link spam, maka otomatis Google akan menempatkan blog atau situs kita sebagai situs spam juga.

Nah, dari sini Google akan menghitung kembali tingkat ke-tidak-penting-an dari sebuah website melalui revisi pada update Google Pagerank berikutnya. Hm.. Blog-blog yang mengobral backlink lewat program dofollow ini kemungkinan akan mengalami penurunan nilai Google Pagerank?..

Jadi sebenarnya secara logika, untuk mempertahankan nilai pagerank tertentu kita harus pula menjaga ritme perolehan tautan masuk dari situs-situs lain dan menekan jumlah tautan keluar ke situs lain, atau paling tidak jumlah tautan keluar tidak lebih besar ketimbang tautan masuk.

Jadi bagi anda yang ingin mengubah status nofollow ke dofollow pada blog pribadinya, maka saya sarankan untuk dipertimbangkan terlebih dulu?..Ingatlah akan semboyan yang mengatakan " alon-alon asal kelakon"? lebih baik blog kita dikenal secara alami dari pada cepat terkenal tapi dengan cara karbitan?..Oleh sebab itulah blog ini tidak saya ganti dengan status dofollow...

Untuk mas anang, thx atas infonya..

Salam Blogging...

internet marketing
Bagi anda yang ingin belajar PHP / HTML / MySQL dengan sangat mudah sambil langsung praktek, saya sarankan untuk anda bisa belajar di sini

0 komentar:

Poskan Komentar

Silahkan tinggalkan pesan dan komentar anda di kolom bawah ini. Segala komentar yang mengandung unsur SARA akan kami hapus.