Hosting dan Domain Lokal Termurah
| |

Tips & Trik Berbelanja Di Internet

Bagi anda yang ingin belanja barang di internet, tetapi masih ragu dengan sistem transaksi dalam pembelian barang secara online, sekaranglah saatnya anda belajar tentang tips & trik berbelanja d internet. Ternyata berbelanja di internet ada tips & trik nya agar kita tidak kecolongan [tertipu]. Silahkan perhatikan tips & trik belanja online dibawah ini, agar kita bisa berbelanja dengan aman dan nyaman.

Harga super miring, patut dicurigai
Ada yang jual barang dengan harga sangat jauh dari harga aslinya? Sebaiknya anda jangan terburu nafsu dulu. Tahan dulu dan cari info lebih banyak tentang penjual. Cek dan ricek lagi.

Tidak mau diajak COD atau CnC
Jika anda satu kota dengan penjual, tapi si penjual menolak untuk bertemu langsung untuk bertransaksi dengan cara COD (Cash On Delivery) atau CnC (Cash and Carry), anda patut waspada.

Mendesak anda untuk segera membayar
Jika si penjual mendesak anda untuk segera membayar dengan berbagai macam alasan, anda harus waspada. Lebih baik anda kehilangan barang buruan anda, daripada anda tertipu. Ciri ini umumnya sering digunakan pada penjual yang mengaku butuh uang, dsb.

Perhatikan Tanggal Bergabung, Reputasi, Testimonial
Walau tidak mutlak, tidak ada salahnya untuk meperhatikan point tersebut diatas. Semakin lama dia bergabung, umumnya lebih dipercaya. Apalagi jika memiliki reputasi dan testimonial yang bagus.

Tunggu barang datang
Ada modus baru dimana barang yang dikirim tidak sesuai dengan barang yang dipesan. Biasanya dia akan bersikeras untuk mengirim terlebih dahulu, sehingga anda akan merasa punya kewajiban untuk segera membayar. Namun ada baiknya sebelum melakukan pembayaran, tunggu hingga barang sudah anda terima. Jika barang sesuai dengan yang dipesan, segera lakukan pembayaran.

Gunakan jasa pihak ketiga
Jika nilai transaksi sangat besar, lebih baik gunakan jasa pihak ketiga, macam Rekening Bersama. Beberapa komunitas yang terindex FJBex.com memiliki komunitas yang menyediakan fasilitas tersebut. Memang ada fee-nya, tapi ini lebih baik daripada uang yang anda kumpulkan dengan susah payah, hilang sia-sia.. Waspada jika dia menolak menggunakan Jasa pihak ketiga/rekening bersama.

Waspada dengan Rekening Bersama gadungan!
Terdapat modus penipuan baru dengan berpura2 memberikan pelayanan Rekening Bersama. Sebaiknya minta rekomendasi dari orang2 di forum bersangkutan. Biasanya terdapat daftar orang2 yang sudah terpercaya memberikan layanan tersebut. Jangan tergiur dengan fee yang rendah!


Apa yang dilakukan jika anda tertipu?
- Jangan panik
- Kumpulkan semua bukti transaksi
- Catat data selengkap-lengkapnya dari si pelaku (nama, email, norek, dsb)
- Kumpulkan link2 terkait tempat anda bertransaksi
- Ambil Screenshot atau save halaman dari link2 tersebut diatas
- Kontak orang yang menipu secara terus menerus.
- Jika tidak ada itikad baik, buat semacam surat terbuka di forum terkait dan menyertakan bukti2nya.
- Jika ingin membawa ke level hukum, buat surat keterangan di kantor polisi.
- Bawa surat keterangan tersebut ke bank terkait untuk melakukan pengaduan dengan harapan dilakukan pemblokiran.
- Terakhir, berdoa dan ikhlas kalo duitnya gak bakal balik..

Sumber: fjbex.com

internet marketing
Bagi anda yang ingin belajar PHP / HTML / MySQL dengan sangat mudah sambil langsung praktek, saya sarankan untuk anda bisa belajar di sini

0 komentar:

Posting Komentar

Silahkan tinggalkan pesan dan komentar anda di kolom bawah ini. Segala komentar yang mengandung unsur SARA akan kami hapus.

print this page