Hosting dan Domain Lokal Termurah
| |

Menampilkan Sidebar Tertentu Pada Halaman Depan [Home Page] Saja

Kali ini saya akan membagikan tips dan trik untuk menampilkan element sidebar tertentu yang ada di blog anda pada halaman depan [homepage] saja. Tetapi sebelumya ada beberapa hal yang perlu anda ketahui, yaitu:
1. Bahwa setiap menambahkan sebuah elemen secara default blogger telah memberi nama sesuai dengan elemennya. Misalkan untuk penambahan element Html/javascript diberi nama Html, element Daftar Link diberi nama LinkList, element Teks diberi nama text, element Label diberi nama label, dst.

2. Setiap kali ada penambahan element yang sama misalnya element text, maka blogger menamainya dengan Text1, Text2, Text3, dst. Html/javascript jadi Html1, Html2,Html3, dst.

3. Berikan judul pada setiap element baru, misalnya untuk element Html diberi judul Statistik Blog atau element Link List diberi nama link teman, dst.nya [Hal tersebut dimaksudkan untuk mempermudah kita dalam pencarian keberadaan dari posisi element yang akan dimodifikasi]

Jika anda sudah paham maka langkah selanjutnya adalah:

Tentukan dan beri nama pada judul sidebar yang akan dimodifikasi tampilannya, misalnya saya memilih elemen Html [kebetulan element Html yang tampil di blog saya ada 3, maka saya akan tentukan element Html yang akan ditampilkan pada halaman selanjutnya]. Dan element yang saya pilih adalah element Html yang dipergunakan sebagai tempat untuk menaruh status online yang saya beri judul dibagian sidebar "Customer Support", kemudian pada halaman dashboard, saya klik link tata letak/ layout -> lalu saya klik edit Html dan centang tulisan Expand Widget Template (jangan lupa, backup dulu template anda). Kemudian saya cari tulisan atau kode elemen Html [maka didalamnya saya akan mendapatkan 3 element Html, yaitu: Html1, Html2, Html3], dan diantara 3 element Html yang saya temui maka saya akan mencari element yang memiliki "title=Customer Support". Dan hasil kodenya seperti dibawah ini:

<b:widget id='HTML1' locked='false' title='Customer Support' type='HTML'>
<b:includable id='main'>
<b:if cond='data:blog.homepageUrl == data:blog.url'>
<!-- only display title if it's non-empty -->
<b:if cond='data:title != &quot;&quot;'>
<h2 class='title'><data:title/></h2>
</b:if>
<div class='widget-content'>
<data:content/>
</div>
</b:if>
<b:include name='quickedit'/>
</b:includable>
</b:widget>

Kode yang saya dapatkan adalah yang berwarna biru, sedangkan warna merah adalah kode tambahan yang akan membuat tampilan sidebar tersebut muncul dihalaman selanjutnya

Selesai sudah dan sebelumnya klik simpan/ save template
Selamat mencoba dan sukses selalu

Ingat!!..., ikuti penambahan kodenya seperti yang diatas.


internet marketing
Bagi anda yang ingin belajar PHP / HTML / MySQL dengan sangat mudah sambil langsung praktek, saya sarankan untuk anda bisa belajar di sini

0 komentar:

Posting Komentar

Silahkan tinggalkan pesan dan komentar anda di kolom bawah ini. Segala komentar yang mengandung unsur SARA akan kami hapus.

print this page