Hosting dan Domain Lokal Termurah
| |

Google Dukung Hak Cipta Buku Perpustakaan

CALIFORNIA - Perpustakaan milik University of Michigan akan menjadi perpustakaan pertama yang memperbarui kesepakatan pemindaian buku mereka oleh Google. Kesepakatan ini memang belum final karena Google masih harus mengajukan hal ini ke pengadilan tinggi. Google tak ingin tertimpa kasus serupa. Sebelumnya Authors Guild dan Association of American Publishers menuntut Google atas pelanggaran hak cipta pemindaian buku tanpa izin dari penerbit dan penulis buku.

Namun begitu, baik Google maupun University of Michigan telah merancang beberapa perjanjian kerja sama. Di antaranya institusi lain dapat berlangganan akses buku-buku digital koleksi University of Michigan.Dengan begitu, University of Michigan sebagai pemilik konten boleh menentukan harga atas setiap buku digital yang diakses para pelanggan melalui Google, demikian keterangan yang dikutip dari PC World, Minggu (24/5/2009).

"Besarnya biaya berlangganan akses buku digital akan ditentukan berdasarkan tingkat kepopuleran konten setiap buku. Institusi lain seperti Harvard bisa membayar lebih besar dibandingkan perpustakaan umum yang skalanya lebih kecil," kata juru bicara Google, Jennie Johnson.

Institusi yang telah berlanggganan dari University of Michigan akan bisa melihat seluruh katalog buku-buku yang telah dipindai secara gratis dari satu komputer. Jika mereka ingin memperluas akses ini, mereka akan dikenakan biaya tambahan.

Sebagai bentuk dukungan terhadap perkembangan ilmu pengetahuan, Google akan menyumbangkan setidaknya USD5 juta kepada University of Michigan dan institusi lain yang melakukan kerja sama pemindaian buku melalui Google.

"Kerja sama ini dapat mendukung dunia akademis yang meliputi berbagai macam bidang. Terutama ini akan sangat membantu mereka yang tengah melakukan riset dan membutuhkan banyak referensi buku," kata Johnson.

Jika kerja sama ini telah disetujui oleh pengadilan, University of Michigan pun mendapatkan keuntungan yaitu bisa mengakses semua buku yang telah dibuat dalam bentuk digital oleh Google. Koleksi buku-buku tersebut berasal dari 29 perpusatakan ternama di dunia.

Sumber: Okezone.com

internet marketing
Bagi anda yang ingin belajar PHP / HTML / MySQL dengan sangat mudah sambil langsung praktek, saya sarankan untuk anda bisa belajar di sini

0 komentar:

Posting Komentar

Silahkan tinggalkan pesan dan komentar anda di kolom bawah ini. Segala komentar yang mengandung unsur SARA akan kami hapus.

print this page