Hosting dan Domain Lokal Termurah
| |

Mengenal Fasilitas Feedburner

Kali ini memperkenalkan berbagai fasilitas yang ada di feedburner pada bagian tab publicize. Artikel ini saya ambil dari blog saya yang ada di www.aneka-aksesoris.blogspot.com. Setelah kita membuat account dan terdaftar di FeedBurner, maka kita sudah dapat memanfaatkan berbagai fasilitas yang telah disediakan oleh FeedBurner. Sebelum mempergunakan fasilitas tersebut, sebaiknya kita mengenali fasilitas dibagian tab publicize itu terlebih dahulu:

Email Subscriptions
Fitur ini berfungsi sebagai sarana pendaftaran berlangganan artikel blog kita yang disediakan bagi para pengunjung dan pembaca Blog yang tertarik dengan artikel diblog kita. Dengan fitur ini mereka bisa men-subscribe Feed kita lewat email. Caranya, pilih beberapa layanan Feed yang didukung oleh FeedBurner. Beberapa penyedia layanan tersebut adalah: FeedBurner, FeedBlitz, dan R-Mail

FeedCount
FeedCount adalah widget yang berfungsi untuk dapat memperlihatkan statistik dari Feed kita. Dengan widget ini kita akan mengetahui seberapa banyak orang yang men-subscibe Feed kita untuk berlangganan lewat email mereka masing-masing. FeedCount juga berfungsi sebagai pengidentifikasi apakah suatu blog itu bagus atau jelek. Jika statis pada FeedCount itu jumlahnya banyak, maka dengan demikian kualitas dari isi artikel blog tersebut tentunya sangat bagus dan tentunya ternyata memang sangat banyak orang yang membutuhkan informasi tersebut. Tetapi jika statistiknya rendah, maka keadaannya menjadi kebalikannya. FeedCount ini memiliki dua jenis tampilan, yaitu: model statik dan animated. Model Statik berarti tulisan teks yang terdapat pada widget FeedCount nya tidak bergerak; sedangkan model animated, teks yang terdapat pada widget FeedCount nya berkedip-kedip (animasi).

PingShot
Fasilitas ini memiliki fungsi yang sangat penting, dimana ketika kita membuat artikel baru, maka PingShot akan segera [saat itu juga] melaporkan adanya artikel baru tersebut kepada Crawler Bot dari berbagai layanan yang telah kita miliki dan pilih untuk mempromosikan blog kita. Layanan tersebut diantaranya My Yahoo, Technorati, Blog Lines, Ping o Matic, dan News Gator. Kita juga bisa menambahkan lagi (maksimal 5 layanan) beberapa layanan dengan memilih layanan yang kita inginkan pada suatu ComboBox dan klik Add. Kalau sudah, klik Activate.

Chicklet Chooser
Fasilitas ini juga tidak kalah penting, fasilitas ini berguna untuk memasarkan/mempromosikan Feed. Kita bisa memilih diantaranya atau memilih kesemuanya. Setelah memilih, maka akan ditampilkan kode HTML untuk widget ini. Kita bisa memilih salah satu dari dua cara untuk menempatkan Feed widget tersebut. Kita bisa mempergunakan dengan cara otomatis maupun manual. Untuk cara otomatis, kita tinggal menekan tombol "Go!" pada bagian Use as Widget in, dan jangan lupa, pilih Blogger pada combo box di Use as Widget ini. Untuk cara yang manual, kita bisa tinggal copy-paste kode HTML yang disediakan dan menaruhnya pada Blog kita.

Headline Animator
Kali ini kita diberi fasilitas dalam pembuatan banner yang berisi headline dari lima artikel terbaru. Caranya cukup mudah, kita bisa menggunakan Google Picassa sebagai salah satu program editor. Kita harus men-setting ukuran gambar kita menjadi 468 x 60 px. Setelah itu, simpan gambar tersebut dalam format *.giv.Saya juga yakin, dengan membuat sebuah Headline Animator ini, maka tampilan Blog kita akan terlihat semakin cantik. Pada dasarnya, dengan Headline Animator ini, kita akan membuat sebuah banner dan hasil banner itu adalah milik kita. Begitulah cara kerja FeedBurner. Buatlah desain banner yang bagus terlebih dahulu, karena desain yang bagus dapat menarik pengunjung untuk mengunjungi Blog kita lewat Headline Animator ini. Contoh desain Headline Animator:Kita sudah mempersiapkan gambar desain Headline Animator, sekarang kita akan upload mereka ke sebuah hosting hotlingking ( geocities, google pages). Ingat, ekstensi mereka harus *.gif, bukan *.jpg atau lainnya.Sekarang kita kembali ke akun FeedBurner. Untuk membuat Headline Animator, masuk ke tab Publicize setelah itu pilih Headline Animator. Form pembentukan Headline Animator akan terlihat seperti di atas.Sekarang ganti combo box yang bertuliskan "468 x 60 - White Background" dengan " Provide your own background". Lalu ketikkan di sana alamat hotlingking dari desain Headline Animator yang sudah kita upload ke situs penyedia jasa hosting hotlingking tadi.Sekarang atur posisi Title Headline dan Date Headline sesuka kita. Caranya drag mereka ke tempat yang diinginkan, Anda bebas untuk bereksperimen. Jika sudah selesai, kita bisa langsung menekan tombol Activate. Mereka akan membuatkan Kode HTML-nya gratis untuk kita.Untuk memasukkannya ke dalam Blogger, kita bisa langsung masuk Dashboard Blogger kita lalu masuk ke Page Elements > Add a Page Elements. Di sana kita pilih HTML/JavaScript dan kita pastikan kode yang didapat dari FeedBurner.

internet marketing
Bagi anda yang ingin belajar PHP / HTML / MySQL dengan sangat mudah sambil langsung praktek, saya sarankan untuk anda bisa belajar di sini

0 komentar:

Posting Komentar

Silahkan tinggalkan pesan dan komentar anda di kolom bawah ini. Segala komentar yang mengandung unsur SARA akan kami hapus.

print this page